-->

Pages

Wednesday, May 8, 2013

Steamed Moist Chocolate Cake

Udah luamma enggak ngeblog, ternyata ngurus anak plus ngurus suami plus kerja 5 days a week itu menyita energi juga yaa.. *baru tau*. Banyak ide di kepala si yang pingin di-share, tapi ujung-ujungnya nggak sempet-sempet, atau memang saya-nya yang dari sononya terlahir pemalas kali yaa.. :D

Jadi ceritanya tempo hari kepingin bikin cemilan. Trus browsang browsing resep yang gampang aja, karena bikin resep yang susyeh di hari kerja adalah sangat tidak bijaksana. Namanya mak-mak tanpa asisten nginep, artinya setelah saya pulang kantor Naj full saya pegang, jadinya urusan ngedapur hanya bisa dilakukan dengan damai setelah Naj tidur. Kalo enggak, tar tiap lima menit Bunda-nya dipanggil-panggil. Rempong dah. :D

Setelah browsang browsing, ketemu blog-nya Mbak Endang yang inspiratif banget, dan nemu resep yang kayanya gampang, praktis tapi hasilnya enyak.

Setelah saya baca baci sebentar, jadilah saya jatuh hati sama Steamed Moist Chocolate Cake a.k.a Cake Cokelat Kukus ini. Pertama karena praktis, no mixer and no oven. Kedua karena everybody loves chocolate. My hubby and baby definitely would fall for this cake, if the recipe works. And it did works, very well.




Maafkan dengan fotonya yang aneh bin ajaib ini, maklum saya hanya menjepret pakai kamera bawaan Blackberry Gemini yang kemampuannya amat sangat terbatas sekali, malam-malam pulak. :D Tapi percayalah, rasanya melampaui penampakannya. Malem diserbu ayah, pagi nya Naj nyobain juga suka, dan saya bawa sebagian ke kantor pun habis sama kru ruangan. ^_^


Steamed Moist Chocolate Cake (Cake Cokelat Kukus)
(saya modifikasi dikiiit dari resep asli)

Bahan :

- 170 gram Blue Band (seadanya di rumah, kalau ada mentega boleh pake mentega)
- 200 gram gula halus
- 200 ml susu cair UHT
- 2 butir telur ayam, kocok lepas dengan menggunakan garpu
- 110 gram tepung terigu protein rendah atau serba guna (saya pakai Segitiga Biru)
- 45 gram coklat bubuk (saya pake Van Houten persis kemasan 45 gram itu masuk semua, kalau suka rasa yang lebih nyoklat, tambahin aja sampai 60 gram atau diganti merk lain yang lebih dark).
- 1 1/2 sendok teh baking powder (pakai yang fresh, jangan pakai stok lama yang udah tau jaman kapan dibukanya :D)
- 1 sachet kecil vanili bubuk


Cara membuat :

Panaskan dandang, tutupi tutup dandang dengan kain serbet supaya uap air tidak menetes ke roti. Isi air sampai hampir menyentuh saringan kawat supaya kita gak perlu buka-buka dandang sampai kue matang.

Olesi loyang dengan mentega agak banyak dan taburi tepung terigu sampai seluruh permukaan loyang tertutupi tepung.
 
Dalam panci kecil campur gula, mentega, susu dan vanila. Panaskan sambil diaduk-aduk sampai larut, nggak perlu sampai mendidih, cukup sampai larut. Angkat, biarkan agak dingin.

Ayak tepung terigu, coklat bubuk, dan baking powder dalam mangkuk. Sisihkan.

Masukkan kocokan telur ke dalam larutan gula+mentega+susu yang sudah agak dingin. Aduk rata.

Masukkan larutan telur+mentega+gula sedikit demi sedikit ke tepung sambil diaduk dengan spatula/sendok kayu pelan seperlunya saja. Jangan kebanyakan mengaduk dan jangan mengaduk kuat-kuat karena berisiko membuat cake gagal mekar. Gak perlu sampai tepung larut semua, kalau masih ada yang menggumpal biarkan aja yang penting sebagian besar tepung sudah basah.


Tuangkan adonan ke loyang, masukkan ke dalam dandang yang sudah panas. Kukus selama 45 menit dengan api sedang. Biarkan kue agak dingin sebelum dilepaskan dari loyang.

Tipsnya (perhatikan tips supaya prosesnya lancar yaa) :

1. Pastikan baking powdernya fresh, amannya beli baru aja. Saya pakai merk Kupu dan berhasil, tapi ada beberapa yang udah nyoba pakai Kupu dan gagal karena kurang power gitu lah :D. Rekomendasinya sih pakai baking powder double acting merk Hercules.
2. Panasin dandang sebelum loyang masuk dan HARAM hukumnya buat buka2 dandang sekalipun cuman sekadar ngintip hasil karya :D. Buka2 dandang hanya membuat panas di dalam dandang tidak stabil dan berisiko membuat kue gagal mekar. Jadi diemin aja tu dandang selama 45 menit ampe kue mateng, baru dibuka.

3. Saat menuangkan larutan gula+telur+mentega ke tepung, ingat, aduk sebentar dan seperlunya aja. Gak perlu sampai tepung larut, bergumpal-gumpal juga biarin aja. Overmixing berisiko membuat kue gagal mekar.

-_^


Source :
Just Try and Taste, Steamed Moist Chocolate Cake