-->

Pages

Wednesday, November 6, 2013

Emak dan Notebook : Optimalisasi Peran Ganda Emak

Masihkah kita ingat masa-masa tanpa "Google"? Atau ketika handphone masih menjadi barang mewah yang hanya dimiliki segelintir orang, itu pun dengan ukuran dan antena sebesar Handy Talkie?

Menakjubkan bukan betapa pesatnya teknologi berkembang dalam satu dekade terakhir. Kini pagi hari diawali tak hanya dengan secangkir kopi, namun juga sembari mengakses teknologi, entah itu untuk mencari berita terbaru atau sekedar membuka sosial media.


Teknologi, dulu dan sekarang. (Credit)


Dampak Perkembangan Teknologi Bagi Emak

Sebagaimana seluruh lapisan masyarakat yang terpapar pesatnya perkembangan ini, demikian pula dengan para Emak. Seiring pertumbuhan ekonomi dan terbukanya kesempatan bagi wanita untuk mengakses informasi seluas-luasnya maka trend gaya hidup pun mengalami perubahan. Teknologi telah menjadi bagian dalam kehidupan keseharian Emak masa kini.

Penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Emak menghabiskan 24 jam waktu mereka dalam seminggu  untuk berselancar dengan Internet, yang mereka gunakan untuk membangun hubungan di dunia maya dengan rekan dan keluarga, mencari informasi terbaru, dan memanfaatkan fasilitas internet untuk membantu menjalankan rutinitas kegiatan. Jumlah waktu tersebut bisa bertambah untuk para Emak bekerja yang menggunakan Internet sebagai sumber daya pendukung utama dalam pekerjaan.

Penelitian juga menunjukkan bahwa notebook/laptop menempati urutan pertama gadget terfavorit bagi para Emak setelah desktop PC. Hal ini antara lain disebabkan karena notebook memberikan kemudahan dalam penggunaan, dan memiliki fitur yang lebih lengkap.


Hasil survei kepemilikan gadget dengan responden American Mom. (Credit)


Peran Ganda Emak 

Seringkali disebut, Emak adalah jagonya multitasking. Lihat saja, Emak bisa melakukan beberapa hal yang tidak saling terkait. Sambil memasak, sembari update status, sekaligus menyiapkan anak untuk ke sekolah. Belum lagi bila Emak bekerja, seperti saya, di antara huru hara pagi hari, saya pun harus menyiapkan diri sendiri untuk ke kantor, kadang sembari pula menyelesaikan tugas dan mengirim email.

Kondisi dan situasi acap menjadikan Emak untuk memiliki peran ganda. Di satu sisi, Emak dituntut untuk bertanggung jawab dalam urusan rumah tangga, termasuk di dalamnya urusan rumah, anak dan suami. Sementara di sisi lain, Emak juga dituntut untuk mengaktualisasi diri, baik karena dorongan ekonomi maupun karena keinginan untuk mencapai sesuatu.

Masing-masing peran tersebut, sekalipun tidak terkait satu sama lain, seringkali beririsan sehingga Emak harus pandai-pandai mengatur dan mengorganisir tugas-tugasnya, agar kedua peran dapat berjalan dengan sama baiknya. Dan untuk melakukannya secara optimal, Emak membutuhkan alat bantu berupa teknologi.





Peran ganda Emak, masing-masing memikul tanggung jawab besar. (Credit)


Manfaat Teknologi Bagi Peran Ganda Emak

Teknologi sejauh digunakan dengan bijak dan pada tempatnya, tentu memiliki segudang manfaat, termasuk bagi para Emak. Di antara manfaat tersebut adalah sebagai berikut :

1. Teknologi membantu Emak untuk berkomunikasi dengan keluarganya, teman-temannya, maupun rekan kerjanya. Hal ini membuat Emak di waktu-waktu sibuknya tetap merasa terhubung dengan orang-orang terdekatnya.

2. Teknologi membantu Emak menyelesaikan tugas dengan lebih efektif. Ini tentunya menghemat waktu, Emak pun bisa mengalihkan sisa waktu yang dimiliki untuk melakukan hal lain. Apalagi terkait pekerjaan, kehadiran teknologi tentu menjadi hal utama yang sangat mendukung kinerja.

3. Teknologi membuat hidup Emak dan keluarga menjadi lebih mudah dan lebih menyenangkan. Emak bisa mengorganisir tugas-tugasnya, Emak bisa menikmati me time, Emak bisa mengajak putra-putrinya untuk belajar dan bermain dengan bantuan teknologi, dan banyak hal lainnya.


Teknologi Terfavorit dan Penggunaan Terfavorit

Notebook, telah disebutkan dalam satu penelitian sebagai gagdet terfavorit bagi para Emak, tentunya dinobatkan sebagai gadget paling digemari bukannya tanpa alasan. Banyak hal bisa Emak lakukan dengan notebook, yang mendukung karakteristik multitasking Emak.

Berikut hanya contoh sebagian dari yang saya lakukan dengan bantuan notebook :

1. Mengolah data untuk keperluan pekerjaan.
2. Mengupdate informasi melalui portal berita online.
3. Belanja online.
4. Update sosial media, chatting dan mengirim email.
5. Browsing resep.
6. Menulis artikel.
7. Blogging dan blogwalking.
8. Membayar tagihan.
9. Me time bersama keluarga (game, film).

Dari semua point tersebut, penggunaan terbesar yang saya lakukan adalah untuk mendukung pekerjaan. Karena saya adalah Emak yang bekerja di bidang pelaporan dan pengolahan data, maka keberadaan notebook merupakan hal yang mutlak. Tanpa notebook, saya akan kesulitan menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tanggung jawab saya.

Sedangkan di rumah, penggunaan terbesar termasuk yang digunakan oleh suami dan anak saya, adalah untuk me time bersama keluarga. Kami sering menghabiskan waktu bersama di ruang keluarga sambil bermain game dan menonton film kartun kegemaran Najwa, putri saya. Saya dan suami memang menyediakan waktu baginya untuk mengakses teknologi, tentunya dengan didampingi. Kami menginstalkan games edukatif. Selain itu kami juga mengunduh serial film kartun favoritnya, yang sering kami tonton bersama terutama di akhir minggu.


Survey pun menunjukkan bahwa games masih menjadi favorit utama. (Credit)


Notebook Slim : Handal untuk Bekerja, dan Asyik untuk Bermain Bersama Keluarga

Teknologi yang terus berkembang, menghadirkan berbagai tipe notebook terbaru ke pasaran. Salah satu yang terbaru adalah Acer Aspire E1-432 yang didukung performa Intel® Processor di dalamnya.  Keunggulan utama dari notebook Acer Aspire E1-432 ini adalah penggunaan prosesor Intel 4th Gen terbaru, atau lebih dikenal dengan kode nama Haswell. Arsitektur Haswell ini bekerja dengan sangat efisien, sehingga daya tahan baterai menjadi maksimal. Selain itu, prosesor ini telah terintegrasi dengan Intel HD graphics terbaru. 

Jika pada umumnya notebook berukuran layar 14” yang dilengkapi DVD-RW memiliki dimensi yang cukup tebal, namun Acer Aspire E1-432 hanya memiliki ketebalan sekitar 25.3 mm saja. Dibandingkan dengan notebook konvensional lainnya, notebook ini memiliki dimensi 30% lebih tipis. 

Acer Aspire E1-432, Notebook slim dan didukung prosesor andal


Spesifikasi tersebut menjamin notebook ini mampu memenuhi kebutuhan para Emak. Sebagai contoh, dengan prosesor handal, pekerjaan olah data dengan berbagai transaksi yang biasa saya lakukan tentu akan menjadi lebih cepat. Sedangkan dengan kartu grafis terbaru, tentunya aktivitas me time bersama keluarga, seperti menonton film dan bermain games akan terasa lebih mudah dan menyenangkan.

Acer Aspire E1-432 adalah jawaban bagi para Emak yang menginginkan notebook dengan fitur esensial yang lengkap namun dengan form factor yang lebih bersahabat. Notebook ini mendukung Emak agar optimal dalam melaksanakan peran gandanya : memiliki partner yang handal untuk bekerja, sekaligus asyik untuk bermain bersama keluarga, plus bonus tampil keren dengan notebook slim yang paling tipis di kelasnya.


Still don't know how she does it?
Well, maybe because she has a pretty cool notebook inside her slim leather bag.



Tulisan ini diikutsertakan dalam event “30 Hari Blog Challenge, Bikin Notebook 30% Lebih Tipis” yang diselenggarakan oleh Kumpulan Emak Blogger (KEB) dan Acer Indonesia


Catatan :
Blog post ini terdiri dari 989 kata tidak termasuk judul dan kalimat penutup keikutsertaan dalam event 30 Hari Blog Challenge.