-->

Pages

Monday, November 27, 2017

Lemon Drizzle Cake

Saya sukaaaaa cake. Terutama jenis cake padat mengenyangkan seperti bolu :D. Mungkin karena kebiasaan ibu saya di jaman dulu kala yang sering bikin kue bolu di rumah. Bolu menjadi bagian dari kenangan masa kecil yang menyenangkan. Witing tresna jalaran saka kulina. Dari kebiasaan masa kecil, sukanya terbawa sampai sekarang.



Kadang-kadang saya baking. Kadang doang, kalo pas mood. Walaupun anak saya sering minta dibikinin kue, tapi mengingat umur, saya nggak memaksakan diri :D Boro-boro ngeluarin oven dan temen-temennya, pulang kantor nyampe rumah kadang cuma pingin boboran minyak angin, pijet-pijet boyok sama urut-urut kaki.

Kue bolu, atau yang sekarang tren perkulineran disebut butter cake, teksturnya nggak terlalu manis (dibandingkan sama kue tart dan sebagainya yang muanis buanget), padat tapi nggak seret. Enak dimakan bareng kopi atau teh, terutama di sabtu atau minggu pagi (waktu-waktu paling sering turun gunung bikin kue). Dan yang jelas, bikin kenyang! That kind of cake makes my tummy happy *elus-elus perut*

Dan yang paling penting dari semuanya, saya suka baking butter cake karena guampang! Easy peasy. Kalo yang ribet-ribet, macam bahannya dipisah-pisah jadi bahan A, B, C, D, E, F dan seterusnya, pakai teknologi tingkat tinggi macam au bain marie (et dah ngomongnya aja belibet), atau yang berpotensi menghasilkan cucian piring ruarrrr biasah, saya mundur teratur daah.. Butter cake yang saya suka adalah cake yang simpel, gampang bikinnya, bisa pake perkakas baking minimalis di rumah, yang bahannya ada di warung bahan kue depan komplek. Tapi rasanya enak. :D

Salah satu resep andalan butter cake saya adalah Mrs. Ng SK Vanilla Butter Cake yang linknya pernah saya posting di sini. Butter cake tersebut ngehits buanget di kalangan food blogger, dan resepnya memang terbukti anti gagal (buat saya yang pengetahuan per-baking-annya bisa digolongkan selevel playgroup) dan hasilnya enyaaak menurut saya. Cuma prosesnya rada ribet sih, karena resepnya menggunakan metode mengocok putih telur secara terpisah, nambahin cucian piring juga nih! :D

Beberapa waktu lalu iseng-iseng blogwalking per-baking-an, saya mendarat di postingan ini. Foto cakenya nampak moist dan lembut, bahannya sederhana, caranya gampang tapi unik, menggunakan semacam sauce yang dituangkan di atas permukaan cake yang matang untuk kemudian diserap oleh cakenya. Sauce yang dituangkan di permukaan kue ini membuat cake menjadi moist dan lembut. Dan rasanya, lemon! Oh oh oh, saya penasaran banget. Udah terbayang rasa kue lemon asam manis segar yang cocok banget buat kudapan minum kopi atau teh. Gak pakai banyak mikir, pulang kantor langsung mampir toko bahan kue trus sampe rumah ngeluarin oven. Saya menggunakan buah lemon segar sesuai resep asli (kebetulan di bakul buah deket rumah pas adaaaa, jarang-jarang nih padahal, tukang baking lagi ketiban nasib baik). Yang saya suka lagi, resepnya untuk ukuran kue satu loyang loaf. Pas banget sama kebutuhan, kadang kalo baking resep untuk kue ukuran besar hasilnya suka nggak maksimal.

Taraaaa! Jadiii.. dan bener asem seger moist enaaak, lemonnya kerasa banget... Mr. B yang biasanya susah makan cake pun bilang rasanya enyak. Duh, saya harus buru-buru taroh di blog nih biar nggak ilang resepnya! Btw ada yang ngeh ngga alas fotonya pake proyekan rajutan Spicier Life Blanket nan selow progressnya? Warna vintage-nya cakep yah, cuma agak gelap sebenarnya buat selera saya, next time pingin mroyek nuansa bright pastel.

LEMON DRIZZLE CAKE

125 gram mentega

175 gram gula pasir

2 buah lemon, parut kulitnya (bagian tipis dan kuning di permukaan buah) dan peras airnya

2 butir telur, kocok lepas

175 gram tepung terigu serbaguna

1/2 sendok teh baking powder

60 ml susu UHT plain

50 gram gula pasir untuk saus lemon


  • Ayak tepung terigu dan baking powder, sisihkan.
  • Panaskan oven 170 C, oles loyang loaf dengan margarin.
  • Kocok mentega, gula pasir dan parutan kulit lemon sampai mengembang.
  • Masukkan telur secara bertahap.
  • Turunkan kecepatan mikser, masukkan tepung dan susu secara bertahap, dahului dengan tepung, masukkan susu, dan akhiri dengan tepung kembali.
  • Oven selama kurang lebih 40 menit sampai mengembang dan bagian atasnya matang.
  • Sesaat sebelum cake keluar dari oven, siapkan saus lemon : panaskan air lemon dan gula pasir, aduk sampai larut (tidak sampai mendidih).
  • Segera setelah cake keluar dari oven, masih di dalam loyang, tusuk-tusuk permukaannya dengan tusuk gigi, kemudian tuangkan saus lemon ke seluruh permukaan kue.
  • Biarkan cake berada di loyangnya sampai semua saus lemon diserap oleh cake dan cake dingin.


Cake ini recommended untuk dicoba. Bagi yang tidak suka lemon yang rasanya cenderung asem banget, bisa diganti dengan nutrisari yang rasa asamnya lebih mild. Next request by my daughter: make vanilla butter drizzle cake!


No comments:

Post a Comment