-->

Pages

Tuesday, October 1, 2013

Serangan Fajar

Hehe, judulnya mengintimidasi sekali ya? Rasanya asumsinya kalau nggak ke arah yang berhubungan dengan pilkada, ya ke arah "itu". *keplak* Apaan siii? :D

Bukan kok, sebenarnya ini serangan fajarnya Najwa. Jam tiga pagi buta tadi dia bangun mendadak trus nangis (lumayan) kenceng, minta susu. Jadilah maknya terbangun dengan terkaget-kaget, asli k-a-g-e-t, terus langsung lompat berdiri, bikin susu. Najwanya sih setelah meluk botol dotnya, lanjut bobo pules lagi. Tapi maknya yang terkaget-kaget ini tadi, walhasil jadi kehilangan semua rasa kantuknya, trus duduk bengong di sofa selama 10 menitan, bingung mau ngapain. :D

Setelah yakin bahwa rasa-rasanya kok bakalan susah buat tidur lagi, ya udah saya nyalakan laptop. Browsingan. Cara paling gampang mengatasi bengong. Sembari berharap si kantuk itu segera datang lagi. Blogwalking sana, blogwalking sini, eh tiba-tiba terpikir, template blog saya kan sudah uzur, dari pertama bikin tahun 2010 yang lalu itu (udah lama ya, hahaha, lama dianggurin sih sebenernya, karena penyakit malas ini nggak sembuh-sembuh) belum pernah ganti template. Dan rasa-rasanya template yang lalu itu kesannya sempit, mungkin karena gambarnya "rame" dan warnanya cenderung gelap. Yang sekarang, pinginnya kalau dilihat itu kesannya luas dan bersih.

Setelah browsang-browsing, lihat-lihat blog teman-teman, kayanya paling sreg di hati si template simple bawaan Blogger ini ya. Backgroundnya putih, simpel, clean. Template seperti ini membuat nyaman mata pengunjungnya. Setidaknya, menurut saya sih, hehe.

Jadiii, sepertiga malam terakhir saya klutekan, mengumpulkan sisa-sisa kenangan jaman kuliah dulu di bidang teknik, kemampuan yang sudah menguap entah kemana karena tidak terpakai di bidang kerja saat ini. Eh, kalau tidak terpakai kayaknya kok sadis benar ya. Ralat deh, terpakai sih, tapi hanya hal-hal globalnya saja, yang "teknik banget" kaya jaman kuliah dulu, jelas enggak. Haha. *teteup*

Saya pikir tadinya ngedit template blogger ini maha susah, secara dahulu kala waktu bikin blog di sini pertama kali, modalnya masih HTML-an gitu, jadi mau ngapa-ngapain harus melototin sama ngutak-utik HTML code sampai mata jereng. Matanya udah jereng, yang diutak-utik nggak jadi-jadi. :D

Eeeh.....ternyata, si Blogger ini sudah jauuuh berubah dibanding masa saya muda dulu. Semua fasilitas untuk customize template, disediakan dengan cuma-cuma. Dalam hal ini, fasilitas standar ya, kalau mau tambahan eng ing ong yang ruwet bin mumet ya silakan balik lagi ke HTML code yang ribuan baris itu. Saya nggak ikut-ikut. :D Tapi untuk fasilitas standar, mulai dari pilihan layout : mau pakai satu kolom, dua kolom, tiga kolom, atau customizing page header, sekarang guampaaaaang... Tinggal klak klik aja.

Dan yang paling membuat senang nih, fasilitas adjust column width a.k.a mengubah lebar kolom postingan, disediakan cuma-cuma, tinggal nyeret scale bar aja ke kanan atau ke kiri. Kalau ke kanan nggedein, kalau ke kiri ngecilin. Wahaha, dengan sukacita langsung saya gedein aja ni kolom utama. Soalnya, saya selalu merasa default kolom bawaan Blogger ini kekecilan. Bayangkan, jaman dulu untuk mengubah ukuran lebar kolom ini, harus melototin HTML code nya, nyari-nyari baris outer-wrapper, main-wrapper atau apalah namanya itu. Udah susah, salah-salah melulu pula. Giliran salah, bubar jaya template yang sudah kita utak-utik dengan susah payah.

Yang terakhir, menambahkan signature. Yang ini sedikit agak ribet, soalnya pakai upload ke google sites segala untuk mendapatkan URL-nya, trus dimasukkan via fasilitas add CSS. Tapi percayalah *teteup* ini tetap jauuh lebih gampang dibandingkan jaman dahulu kala yang pakai favico dan diembed dengan kode HTML sebagai bagian dari post template (halaaaaah cerita apa sih ini nggak menarik banget temanya).

Intinya, sudaaah selesai ngeditnya. Capek mata, tapi puas :)





Hasilnya, nggak mengecewakan, menurut saya sih, lumayan lah, seperti yang anda lihat saat ini. Semoga kesan bersih dan luasnya, tertangkap ya. :)