-->

Pages

Sunday, April 5, 2020

Hari Ke-20 #dirumahaja

Hari ini saya menonton film Contagion yang belakangan ramai dibicarakan. Ini idenya paksu, katanya film ini bercerita tentang pandemi yang mirip tipikalnya dengan Covid19. Saya ikut menonton, nggak full sih, karena baru bisa bergabung setelah anak2 tidur.



Gimana filmnya? Ya... mirip. Memang film ini terinspirasi oleh outbreak SARS tahun 2002-2004 dan swine flu tahun 2009. SARS sendiri disebabkan oleh keluarga coronavirus yang sama dengan yang penyebab Covid19. Jadi nggak heran kalau jalan ceritanya mirip dengan pandemi yang kita hadapi saat ini.

Penyakit di film ini jauh lebih mematikan dari Covid19, tapi di akhir film umat manusia berhasil menang dalam pertarungan melawan virus. Vaksinnya ditemukan dan diproduksi massal. Di kehidupan nyata kita saat ini, vaksin masih dalam tahap uji coba. Baru memasuki uji coba pertama terhadap relawan manusia. Masih panjang perjalanan kita.


Tapi ada beberapa hal dari film ini selain perjalanan penyakit yang mirip dengan apa yang kita hadapi sekarang. Selalu ada hater(s). Selalu ada orang2 yang memancing di air keruh. Satu lagi, pemerintah selalu di posisi sulit. Bener aja sulit, apalagi salah.

Seorang teman pernah bilang, kita tidak bisa menyenangkan semua orang. Mungkin hal yang sama berlaku juga dengan kebijakan. Sulit untuk  memenuhi keinginan semua pihak. Bisanya mengambil jalan tengah terbaik. Semoga para pemimpin kita diberi kelapangan hati dan pikiran dalam mengambil keputusan.

Bagi kita yang ada di luar lingkaran, langkah terbaik adalah mengendalikan diri, yang paling sederhana adalah dengan tidak menambah kekisruhan. Fokus pada hal-hal positif yang bisa menolong diri sendiri, keluarga dan sekitar. Syukur2 lebih luas.



Bagi yang suka berdiskusi, menonton film ini bisa membuka diskusi panjang, dan semacam melihat simulasi versi terburuk yang bisa terjadi kalau kita tidak mengambil langkah-langkah pencegahan dengan cepat dan tepat. 

Salah satunya dengan sesederhana tetap tinggal di rumah untuk memutus rantai penularan dan melandaikan kurva.

"I believe this film not on draws you in with the situation but truly helps you learn too. Scenes showing how the disease is spread were for the most part accurate and shows how easy it is to spread. As I said earlier. I encourage you to watch this film and help see the importance of isolation, and ESPECIALLY of proper hygiene. This is not to induce panic or make a mockery of what we are ALL going through. Whether you are now a displaced worker, struggling to find childcare, a meal, or even just adjusting to our current living conditions (Can’t go dine-out or like in this case go to the movies.) it is hard across the board but we are ALL in this together. I hope in the coming days and weeks we can get a handle on our current pandemic and life can slowly get back to what we know and love. In the meantime hunker down, and take some positives. On that same note lets all do what we can to support local business. Order take-out. Check on your neighbors. Be a light when things are dark." Andrew McManus Review
Never lose hope, dear friends.


No comments:

Post a Comment