-->

Pages

Friday, April 10, 2020

Hari Ke-25 #dirumahaja

Tadi pagi ada teman yang bertanya, "Jam berapa kita absen hari ini?".

Absen online adalah prosedur harian kantor saya selama wfh. Kami biasa absen menggunakan Zoom. Pertanyaan yang biasa di hari biasa, sih. Masalahnya hari ini tanggal merah, jadi seharusnya pertanyaan itu ngga keluar, karena ngga ada absen ๐Ÿ˜‚. Problem klasik kelamaan wfh, karena tiap hari di rumah, sampai ngga tahu kalender tanggal merah.



Kalau saya, jelas tahu. Pun teman2 yang punya anak usia wajib belajar. Karena di tanggal merah gak ada tugas2 dari sekolah. Kalau hari biasa PRnya numpuk, kalau tanggal merah ga ada PR. Mamak pun merdeka jaya. Makanya saya menanti2 tanggal merah, karena libur dari tugas karbitan jadi guru sekolahan ๐Ÿ˜ Teman2 yang anaknya bukan usia sekolahan biasanya nggak ngeh, termasuk teman saya yang nanya di atas itu. Putranya kebetulan udah kuliah semua, jadi nggak lagi ngurusin perkara PR. Salah satu sisi positif jadi guru dadakan di masa2 wfh begini, saya jadi tetap menantikan tanggal merah ๐Ÿ˜€.



Karena libur dari kegiatan jadi guru, saya jadi lebih rileks. Hari ini bisa mencuci dan menjemur sweater baru hasil rajutan kemarin. Paksu beres2 menata ulang game corner (iyes, ini tempat favorit beliau nongkrong bareng anak2). Saya melanjutkan proyekan Sophie's Universe yang sempat berhenti karena fokus menyelesaikan sweater.

Tapi malam ini saya kok dapat pencerahan ide baru untuk proyekan rajutan, padahal yang lagi dikerjain sekarang masih jauh dari tanda2 selesai. Yah.. namanya juga hobi, banyak selingkuhnya kalau ada godaan lain yang lebih menarik ๐Ÿ˜‚

Omong2, hobi yang bisa kita nikmati di rumah sangat membantu di saat2 seperti ini. Kita jadi lebih enjoy di rumah, stres berkurang, lebih rileks, dan sibuk dengan hal2 yang positif (asal hobinya positif ๐Ÿ˜). Mental health adalah issue penting di tengah pandemi. Cemas, ketidakpastian, berita yang tanpa henti, jadi beban berat bagi mental kita. Menikmati hobi dan enjoy our selves adalah salah satu cara untuk mengambil jarak dari hal2 yang berpotensi mengganggu kewarasan dan menjaga agar mental kita tetap sehat serta bisa berpikir jernih.

Dan yang terpenting, jangan lupa berdoa.



Stay safe, my friends.


No comments:

Post a Comment