-->

Pages

Monday, January 6, 2014

Goodreads 2014 Reading Challenge

Ah... Akhirnya saya bergabung juga dengan Goodreads 2014 Reading Challenge. Ini sebenarnya dalam upaya memperbaiki tingkat kuantitas bacaan saya. Kenapa kuantitas? Kalau minat baca sih, melimpah ruah, karena pada dasarnya sukaaaa baca.

Cuma ya itu, kadang tinggal sebatas wacana saja, ujung-ujungnya minat itu tenggelam oleh kesibukan ngurus anak, kecapean di perjalanan Jakarta-Bogor PP saban hari jadi alih-alih baca di KRL, malah tidur sepanjang perjalanan :D, belom kalau di rumah yang dipegang malah jarum sama benang, hahaha.... Intinya kebanyakan alasan, sehingga akhirnya, gak jadi-jadi juga buat baca.

Padahal dulu waktu masih muda (masih lajang dan nebeng orang tua, maksudnya :D), tempat main favorit saya salah satunya ya rentalan buku (berhubung kantong masih cekak). Saya beruntung karena di kota tempat saya dibesarkan, bisnis rental buku cukup menjamur dan mudah ditemukan. Bahkan ada rental buku yang isinya buku-buku bagus dan berkualitas loh. Saya membaca Raumanen, salah satu buku paling berkesan yang pernah saya baca, ya hasil dari nge-rental di situ. :D

Dulu, karena belum banyak ang ing ung eng ong, kerjanya cuman sekolah-makan-tidur doang sama disuruh-suruh Ibu :D jadi reading speed saya lumayan lah, misalnya untuk buku komik jepang-jepangan gitu (manga), semalem bisa 10 buku. Sampai diancam sama Ibu, buku-bukunya bakal disita kalau saya nggak kunjung tidur. Kalau untuk novel, tergantung ceritanya. Kalau gak gitu suka bisa cepat, karena pingin cepat selesai dan ganti bacaan :D. Tapi kalau suka, malah justru lebih pelan bacanya, kayanya pingin meresapi setiap kalimat.

Nah, berhubung hidup saya sekarang sok banyak acara dan sok ribet, yang ujung-ujungnya jadi kesempatan (dan kemauan) membaca buku anjlok drastis, akibatnya reading speed pun ikut ndlosor. Untuk And The Mountains Echoed kemarin saja, dua minggu baru kelar deh kayanya. (-___-")

Jadi dengan niatan ingin memperbaiki tingkat baca, saya bergabung di Goodreads 2014 Reading Challenge. Gak muluk-muluk dulu, wong mulai dari awal lagi, jadi set target 12 buku aja untuk tahun 2014, artinya satu bulan satu buku. Itu juga rada ragu2, takut kumat-kumatan, haha.... Anyway, at least I'm trying ;p. Tuh, Goodreads widget-nya bahkan udah ditaroh di sidebar, jadi udah diumumkan kepada khalayak :D

Dan semoga setiap selesai buku yang dibaca, berakhir juga dengan menulis review-nya. Paling males ya bok kalo urusan nulis review ini, karena harus berbasis mood. Harus suam-suam kuku dari selesai bacanya, jadi feeling-nya masih dapet. Kalau kelamaan, kadang suka ilfil dan bingung mau gimana nge-review-nya. Padahal yang namanya ngupdate blog juga angot-angotan :D Yah, mungkin ini juga menjadi suatu pertanda bagi saya untuk lebih rajin juga mengisi halaman di sini dan menyingkirkan potensi angot jauh-jauh.

So, let's start with the first book.

Sumangat, kakaaaaaa......


No comments:

Post a Comment